Saturday, July 5, 2014

Makanan Khas Perancis Wajib Coba

Perancis memang dikenal sebagai salah satu negara surga kuliner terbaik dunia. Berbagai makanan khasnya yang dikenal di seantero bumi. Di Perancis juga, terdapat banyak restoran yang dikenal di dunia internasional yang menyajikan makanan kelas atas.

Hal tersebut jelas karena makanan dan minuman Perancis memiliki cita rasa yang tinggi. Kita tentunya tahu totalitas warga Perancis dalam mempertahankan mutu dalam bidang kuliner.

Nah, ada beberapa makanan yang harus dicicipi ketika Anda mengunjungi Perancis. Yuk, simak!

  • Escargot
Escargot (baca: es-kar-go) merupakan makanan berbahan dasar bekicot. Sajian ini hanya dibumbui bawang putih saja sehingga memang menonjolkan cita rasa dari bekicot itu sendiri. Masakan yang mungkin sebagian dari kita anggap menjijikan ini justru termasuk makanan mewah di Perancis. Escargot dikenal pula sebagai sajian Perancis yang sangat baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung protein.



  • Croissant
Croissant (baca: krwa-sang) dikenal sebagai roti bertekstur agak keras. Bentuknya berlapis dengan lapisan tengah menggembung. Adonan roti terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, serta ragi. Croissant menjadi salah satu sajian sarapan favorit warga Perancis. Umumnya croissant disantap hangat bersama cafe au lait (kopi susu hangat). Dewasa ini, sudah banyak ditemukan modifikasi croissant dengan beranekaragam rasa, seperti croissant cokelat dengan taburan almond atau bahkan cronut (croissant-doughnut).


  • Creme brulee
Secara harfiah, creme brulee (baca: kriim bru-lei) berarti burnt cream atau krim gosong. Dessert ala Perancis ini sangat dikenal karena pembuatannya yang tergolong cepat serta kelezatannya. Sajian ini terbuat dari susu, kuning telur, gula, serta bahan tambahan lainnya. Kemudian, bahan tersebut ditutup karamel yang keras di bagian atasnya. Terdapat beberapa rasa creme brulee, seperti vanili, lemon, rosemary, atau cokelat.



  • Nicoise salad
Salad tomat, tuna, telur rebus, minyak nicoise, ikan teri, selada, bawang, taburan merica, lalu dicampur dengan cuka anggur. Makanan ini mudah sekali ditemukan di restoran- restoran di sebagian besar Eropa. Nicoise salad (baca: nis-waz sa-lad) dikenal sebagai menu yang menyehatkan dengan rasa yang lezat.





  • Foie gras
Foie gras (baca: fwa gra) merupakan hidangan dengan bahan dasar hati angsa yang digemukkan. Hati angsa ini dapat diolah dengan beberapa cara, yaitu, digoreng, dipanggang, dibakar, atau menjadi isian sandwich. Makanan favorit warga Perancis ini dikenal bertekstur lembut dan kaya cita rasa. Namun belakangan, foie grass menjadi kontroversial di dunia internasional karena proses produksinya yang melibatkan pemberian pakan secara paksa kepada angsa berupa jagung.

0 comments:

Post a Comment

 

Kritik, Saran, Pertanyaan

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013. TRAVELIBURAN - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes | Template Created by BTDesigner Published by Super Cool Templates
Proudly powered by Blogger